Jumat, 25 Mei 2012

Asal Usul Gunung Mandar ( Gunung letak SMA N 6 SMD )



SMA Negeri 6 Samarinda, terletak di sebuah bukit, tapi orang-orang menyebutnya gunung, gunung itu dinamakan gunung Mandar. 
Daerah kelurahan tempat  letaknya gunung mandar bernama, “kelurahan rawa makmur”. Kenapa dinamakan rawamakmur ? karena daerah ini dulunya adalah rawa-rawa, yang seiring berjalannya waktu, rawa ini menjadi daratan, konon pada zaman dulu ada sebuah kapal besar yang berlayar, kapal ini berasal dari Sulawesi, tepatnya kapal orang-orang suku Bugis. Kapal ini terdampar di rawa-rawa, dan tidak memungkinkan untuk dibawa berlayar lagi, hingga lama kelamaan kapal ini berlumut dsb, hingga menjadi sebuah gunung bukit, daerah sekitarnya pun sudah bukan rawa-rawa lagi, tapi telah menjadi daratan juga. Fakta lainnya bahwa inii dulunya sebuah kapal adalah, di kanan,kiri,depan,belakang gunung mandar adalah daratan luas, biasanya di kalimantan jika ada sebuah bukit, biasanya berbukit-bukit ( luas dan panjang ) tapi di mandar hanya ada satu bukit. 
Kenapa dinamakan mandar ? ada dua versi jawaban, versi pertama gunung ini dinamakan mandar karna nama nahkoda kapal  tersebut adalah Mandar. Versi kedua, pemilik kapal ini adalah orang yang bernama Mandar.
saat sekolah ini baru dibangun, sering terjadi peristiwa kesurupan. Katanya itu karna ada makhluk alam gaib yang bernama kumala, kumala memiliki anak bernama kumala kuning dan kumala biru, kumala adalah siluman ular. Setiap ada ular yang muncul disekitar lokasi sekolah, tidak lama kemudian terjadi kesurupan siswa-siswi. Hal itu sudah sering terjadi. Apalagi ketika ular muncul lalu ditangkap dan dibunuh, akan terjadi kesurupan masal. Karna seringnya peristiwa itu. Maka diddatangkanlah paranormal, ulama serta tokoh-tokoh agama untuk mendoakan tempat ini agar tidak terjadi pristiwa sepeerti itu lagi. Karna diawali dengan niat baik, lama kelamaan jarang terjadi kesurupan, dan alhamdulillah, kini tidak terjadi lagi.

nah gudep ampera menjadikan ini sebagai adat ambalan kami, adatnya dilakukan dengan cara mengelilingi awasan gunung mandar, dan diakhiri di pusat gunung mandar setelah itu akan diceritakan asal mula gunung mandar seperti cerita diatas tadi. :)


*) foto-foto yang ada di artikel ini adalah foto-foto di kawasan gunung mandar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar